Tak bisa dipungkiri lagi jika sekarang ini tes toefl begitu penting terutama bagi anda yang ingin bekerja ke luar negeri. Dari sini anda pun harus mampu menguasai pelajaran bahasa inggris. Dengan begitu mengerjakan soal tes pun terkesan lebih mudah dalam waktu lebih cepat. Siapa sangka ternyata tes toefl kini ada yang hadir menggunakan sebuah sistem tertentu. Dimana sistem toefl itp menjadi salah satu program yang ada. Tentunya anda harus mengerti apakah perbedaan program tersebut dengan yang lainnya.

Sekarang ini mencari lembaga kursus khusus bahasa inggris bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dimana anda bisa mengikuti pelatihan khusus hanya pada kampung inggris yang kini sudah terkenal hingga ke berbagai daerah.

Biaya yang perlu dikeluarkan ternyata terjangkau untuk semua kalangan. Di sana metode pembelajaran juga menyenangkan sehingga anda tidak akan pernah merasakan kejenuhan.

Toefl itp merupakan salah satu tes yang mana sengaja dihadirkan untuk memberikan evaluasi atas kemampuan bahasa inggris seseorang. Biasanya tes toefl itp mempergunakan sebuah sistem pilihan ganda. Inilah mengapa anda harus memahami lebih jauh tentang jenis toefl yang satu ini.

Tak bisa dipungkiri lagi biasanya tes tersebut seringkali dijadikan sebagai acuan ketika menempatkan level bahasa inggris seorang siswa saat ikuti program yang telah dilaksanakan sebuah lembaga pendidikan bahasa inggris.

Tentunya tes toefl ini seringkali dipergunakan dalam penerimaan beasiswa LPDP. Seorang siswa yang mampu meraih skor diatas angka 500 maka ia tak lagi ikuti training. Sedangkan untuk skor 450 hingga 500 tentunya masih perlu ikuti training kurang lebih 1 bulan lamanya.

Jika skor yang telah diraih masih berada di bawah 450 maka siswa masih perlu ikuti training selama 3 bulan lamanya. Dari sini tentunya bisa dijadikan sebagai bukti bahwa skor itp menjadi acuan dalam penempatan level bahasa inggris.

Sesi dalam tes toefl ITP

Sumber Gambar: Pixabay.com

Tentunya dalam tes toefl itp ini hadir beberapa sesi yang nantinya akan diujikan. Daripada anda merasa penasaran tentunya perlu menyimak ulasan berikut:

1. Listening Comprehension

Pada sesi yang pertama ini tentunya mempunyai tujuan mengukur seberapakah kemampuan seseorang dalam memahami bahasa inggris secara lisan. Bahasa inggris seringkali digunakan pada universitas di Amerika maupun perguruan tinggi sekalipun.

Adapun jumlah soal yang nantinya akan diterima sebanyak 50 soal. Dengan waktu  pengerjaan kurang lebih 30 hingga 40 menit saja. Adapun beberapa bagian yang perlu dikuasai yakni percakapan panjang, percakapan pendek maupun monolog panjang.

2. Structure and Written Expression

Pada sesi yang kedua ini bertujuan hanya untuk mengukur kecakapan seseorang mengenai aturan grammar sekaligus struktur yang mana telah sesuai dengan standar penulisannya.

Jumlah soal yang tersedia yakni 40 soal dengan waktu pengerjaannya 25 menit saja. Soalnya ternyata sudah terbagi menjadi 2 bagian yakni soal memilih jawaban yang salah maupun soal dengan adanya jawaban pilihan ganda.

3. Reading Comprehension

Ada lagi sesi tes yang ketiga yang dinamakan dengan reading comprehension. Tentunya sesi ini mempunyai tujuan mengukur kemampuan seseorang dalam memahami sekaligus membaca sebuah bahan bacaan. Jumlah soal yang dihadirkan sekitar 50 soal dengan waktu pengerjaannya sekitar 55 menit.

Kegunaan dari toefl program itp

Sumber Gambar: Pixabay.com

Pastinya beberapa tes mengenai kemampuan bahasa inggris begitu banyak kegunaannya. Hingga akhirnya anda perlu menguasai tes toefl yang kini menjadi salah satu persyaratan penting untuk memasuki universitas maupun melamar pekerjaan keluar negeri. Siapa sangka ternyata toefl itp kali ini menghadirkan beragam kegunaan yakni:

– Tes seleksi untuk bisa masuk pada perguruan tinggi negeri

Siapa sangka ternyata masih ada beberapa universitas di Indonesia yang masih menerapkan tes ITP ini. Dimana mereka harus lulus tes tersebut untuk bisa diterima pada universitas tersebut. Bahkan tes ini bisa juga diujikan saat wisuda maupun persyaratan ketika mengikuti sidang.

– Mengikuti program beasiswa

Di Indonesia memang sudah dihadirkan lembaga yang dinamakan LPDP yang mana tugasnya mengelola dana pemerintah guna kepentingan pendidikan. Dimana nantinya dana tersebut akan tersalurkan melalui sebuah program beasiswa. Tentunya bagi anda yang berkeinginan memperoleh dana tersebut harus lolos dalam seleksinya.

Dimana persyaratan yang perlu anda hadapi yakni menghadirkan sertifikat toefl. Skor yang perlu anda penuhi untuk lolos berkisar antara 400 sampai dengan 500. Inilah mengapa anda perlu mencapai skor tersebut jika memang berkeinginan memperoleh beasiswa.

– Melakukan pengukuran tingkat kemajuan siswa

Tentunya setiap siswa mempunyai kemampuan bahasa inggris berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Dengan melakukan tes toefl itp ini maka tingkat kemampuan per orangnya bisa diketahui. Inilah mengapa anda harus mampu melewati tes tersebut dengan baik bahkan memperoleh skor paling tinggi.

Dengan adanya beberapa penjelasan di atas semoga memperluas pengetahuan anda mengenai tes itp. Dimana tes tersebut menjadi salah satu program yang ada pada toefl. Tes tersebut tergolong sulit bahkan banyak dari mereka yang telah gugur. Tetapi jika jauh hari sebelumnya anda sudah belajar bahasa inggris semaksimal mungkin tentunya bisa lolos dengan skor paling tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *